Kepribadian Hong Du Shik dalam Drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha
Artikel
Jihan Aulia Zahra | 11 November 2021
Hong Du Shik dalam drama Korea berjudul Hometown Cha-Cha-Cha digambarkan sebagai pribadi yang santun dan dekat dengan kehidupan sosial. Selain itu, ada kepribadian lain dari Hong Du Shik yang patut untuk kita tiru. Apa sajakah itu?
Drama Korea yang cukup populer di Netflix, Hometown Cha-Cha-Cha, berakhir dengan total 16 episode pada pertngahan Oktober lalu. Drama yang bercerita tentang seorang dokter gigi dari Seoul yang memutuskan untuk membuka praktik di sebuah desa yang terletak di dekat pantai bernama Gongjin ini memiliki pemeran-pemeran yang sarat akan apresiasi pada setiap karakter. Tentu saja yang paling menjadi primadona adalah pemeran utama laki-lakinya yang bernama Hong Du Shik. 

Diceritakan bahwa Hong Du Shik tidak memiliki pekerjaan tetap di Gongjin. Pria berusia 35 tahun itu bekerja untuk hampir semua aspek di Gongjin, semua pekerjaan dari melakukan renovasi rumah, barista kopi, pengantar makanan, peluncur, hingga membetulkan kapal telah ia lakukan sehingga perannya di desa Gongjin sangat dibutuhkan. Itulah sebabnya ia dijuluki dengan “Kepala Hong” atau Hong-Banjang, karena semua orang di desa itu membutuhkannya dalam berbagai macam urusan. 

Kali ini, mari bahas lebih dalam mengenai karakter Hong Du Shik. Dengan perannya yang serba bisa, Hong Du Shik mengabdi di desa kelahirannya, Gongjin, menjadi orang yang dapat diandalkan dalam situasi apapun. Padahal, Hong Du Shik adalah lulusan Seoul National University, salah satu kampus paling bergengsi di Korea Selatan. 

Sebagian orang menganggap Hong Du Shik menyia-nyiakan potensinya sebagai lulusan kampus bergengsi. Ternyata, ia sempat bekerja sebagai pegawai biasa di Seoul, tetapi memutuskan untuk menikmati hidupnya di kampung halamannya.

Di Gongjin, ia menemukan apa makna hidup dan sangat menikmati setiap waktu dan usahanya untuk desanya. Lalu, apa saja sih sikap yang bisa kita pelajari dari Hong Du Shik? Yuk simak!

1. Melakukan Pekerjaannya Sepenuh Hati 

Kepala Hong yang serba bisa ini menjalankan pekerjaannya dengan sepenuh hati. Terbukti dengan lisensi-lisensi yang dia miliki seperti lisensi barista, lisensi pengerajin kayu, lisensi teknisi, lisensi koki, dan bahkan lisensi tukang bangunan. Dia serius dengan apa yang dia kerjakan. Bakatnya ini juga bermanfaat pula bagi orang-orang di sekitarnya, terutama masyarakat Gongjin yang beruntung memiliki Kepala Hong. 

2. Suka Membantu Orang 

Menjadi bintang di wilayahnya bukanlah hal yang begitu saja tejadi. Ketika satu orang mengalami kesulitan, Kepala Hong siap untuk membantu. Jiwa sosialnya terbilang cukup tinggi. Tidak hanya masalah antar personal, bila di desa terdapat masalah, dia juga siap menjadi fasilitator antara warga dan pengurus desa. Dengan begitu, dia menjadi orang yang paling diandalkan seantreo Gongjin. 

3. Prinsip yang Teguh 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Hong Du Shik suka berbicara menggunakan bahasa yang tidak formal agar terlihat akrab. Meskipun begitu, ada lho orang-orang yang menganggap Kepala Hong tidak sopan. Salah satunya adalah ayah Hye Jin. Tetapi tidak dapat dipungkiri pada akhinya ayah Hye Jin menyukai Hong Du Shik. Dia juga hampir berbicara menggunakan bahasa nonformal saat bertemu dengan teman-teman Hye Jin. 

Selain itu, Hong Du Shik pernah mengambil hari libur. Meskipun dia seorang pekerja lepas, dia tetap mengambil hari libur di mana seluruh warga Gongjin yang mempekerjakannya dilarang untuk memintanya bekerja. “Walaupun langit terbelah dua, hari ini aku tak akan bekerja. Aku harus memberi diriku hari libur,” kata Kepala Hong ketika dua warga Gongjin yang mempekerjakannya meminta Kepala Hong untuk bekerja hari itu. Dia bergeming dan tidak mau mendengarkan meskipun kedua atasannya itu memohon. 

Ada satu peraturan dalam hidupnya: dia bekerja dan bermain saat dia ingin. Dia sangat suka membantu orang lain. Tetapi, dia tak pernah bekerja di hari liburnya tidak berhenti sampai di situ, Kepala Hong kerap meminta haknya sebagai pekerja dengan diupah sesuai dengan upah minimum perjamnya.

4. Peduli dengan Kesehatan Mental  

Dari penjabaran di atas, kita ketahui bahwa Hong Du Shik begitu peduli dengan semua orang disekelilingnya. Namun, Hong Du Shik tidak lepas dari masa lalu yang kelam. Kakeknya meninggal di rumah saat ia menonton pertandingan piala dunia, kehilangan senior yang sangat dia kagumi, hingga dibenci oleh orang yang dia hormati. 

Hal-hal tersebut menumbuhkan luka yang tidak ada satu pun orang di Gongjin tahu. Kerap ia mengalami mimpi buruk atas masa lalunya yang pahit serta trauma atas kejadian buruk yang ia alami. Sering ia temukan dirinya merasa bersalah atas apa yang telah terjadi. Maka dari itu, sesekali, Hong Du Shik pergi ke Seoul untuk bertemu dengan psikiater. Keinginannya untuk sembuh kuat sekali, apalagi semenjak ada Yoon Hye Jin di sampingnya. Tidak mudah menceritakan masa lalu yang kelam ke orang baru. 

Tetapi, Hong Du Shik ingin hubungannya dengan Yoon Hye Jin berjalan dengan lancar. Dengan terus mengikuti terapi, perlahan Kepala Hong mulai membuka dirinya. Terlebih karena suatu insiden, rahasia kelamnya terlihat oleh seluruh warga Gongjin. 

Nah, bagaimana denganmu? Apakah ada karakter-karakter Hong Du Shik Hometown Cha-Cha-Cha yang juga ada pada dirimu? Yuk berefleksi dan ketahui sejauh mana kemampuanmu dalam asesmen yang ada di discovery.kognisi.id. Teruslah menjalani hari dengan semangat seperti yang selalu dilakukan Kepala Hong.
Related Content
Artikel
Nabila Nurkhalishah Harris | 10 November 2021
Artikel
Arki Sudito | 9 November 2021
Artikel
Andrea Lusi Anari | 8 November 2021
Unlock Your Future Growth
Jadi yang pertama tahu informasi menarik dari Growth Center
Copyright 2021. Kompas Gramedia. All Rights Reserved.